5 Hambatan Pengiriman Barang Yang Sering Muncul

Spread the love

Bisnis penjualan online menjadi salah satu bisnis yang berkembang sangat pesat dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini. Berkembangnya penjualan secara online tidak lepas dari jasa pengiriman barang yang ikut berkontribusi seperti perusahaan pengiriman barang di Jakarta.

Sejak awal mula covid-19 hingga sekarang, pola belanja masyarakat banyak beralih dari sistem offline menjadi online. Banyaknya aplikasi e-commerce memudahkan siapa saja untuk menjual barang secara online.

Proses penjualan barang yang lebih mudah, praktis dan bisa dilakukan siapa saja menjadi poin penting tumbuhnya bisnis ini. Selain itu bisnis ini juga memiliki beberapa kelebihan seperti contoh untuk penjual tidak membutuhkan sebuah toko atau tempat. Penjual bisa menjalankan bisnis dari rumah yang tentu akan mengurangi biaya pengeluaran.

Sedangkan untuk pembeli memudahkan dalam melakukan pembelian barang. Proses pembelian bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan hanya menggunakan smartphone. Namun semakin berkembangnya bisnis online juga memunculkan permasalahan-permasalahan seperti contoh dalam hal pengiriman barang.

5 Hambatan Pengiriman Barang

Semakin banyaknya masyarakat yang beralih membeli barang lewat e-commerce, tentu akan membuat pengiriman barang lebih banyak dari biasanya. Sehingga ada beberapa hambatan yang muncul dalam proses pengiriman barang yang diantaranya:

1. Pengiriman kadang telat

Banyaknya barang yang perlu dikirim membuat perusahaan pengiriman barang di Jakarta lebih sibuk dan membutuhkan tambahan waktu dalam proses pengiriman barang. Sehingga kadang barang datang tidak sesuai dengan estimasi waktu yang ada. Namun hal tersebut bukanlah permasalahan yang ditimbulkan oleh jasa pengiriman barang saja akan tetapi bisa juga dari pengirim yang tidak mencantumkan alamat lengkap.

Alamat tujuan yang tidak lengkap akan membuat kurir yang mengantar barang akan kesulitan menemukan lokasi penerima yang pas, sehingga kadang membutuhkan waktu yang lebih lama. Padahal barang yang perlu dikirim bukan hanya satu barang melainkan banyak paket dengan alamat tujuan yang berbeda-beda yang perlu secepatnya dikirim.

2. Barang rusak

Dalam proses pengiriman barang juga memiliki resiko kerusakan karena berbagai hal yang salah satunya adalah packing yang tidak sesuai dengan ketentuan. Pengirim barang melakukan pengemasan yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan sehingga menimbulkan kerusakan pada proses pengiriman.

Selain itu, kerusakan barang juga bisa disebabkan karena barang tertindih barang lain atau bisa juga karena guncangan pada saat proses pengiriman. Maka dari itu pengirim perlu memastikan bahwa barang yang dikirim di paket dengan aman.

3. Tertahan di bea cukai

Masalah ini biasanya timbul pada pengiriman internasional karena ada persyaratan yang tidak terpenuhi atau tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di negara penerima. Penggolongan permasalahan ini dibagi menjadi beberapa tingkatan yaitu parah dan rendah. Seperti contoh barang yang dilarang ke Indonesia sehingga ditahan di bea cukai.

Penyebab lain barang ditahan bisa juga karena persyaratan dokumen yang tidak terpenuhi. Untuk pengiriman internasional wajib mengikuti aturan yang berlaku di negara penerima agar bisa sampai ke tujuan pengiriman.

4. Kesalahan data penerima barang

Ada banyak kasus pengiriman gagal sampai kepada penerima yang benar. Hal itu terjadi karena kesalahan pengisian data penerima sehingga membuat kurir kesulitan dalam mengantar barang. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengisi data penerima yang jelas dan benar agar memudahkan kurir dalam mengantar barang.

5. Kemacetan

Hambatan yang terakhir yang dibahas dalam artikel ini adalah kemacetan yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Seperti jalan rusak, adanya kecelakaan dan lain sebagainya yang menimbulkan kemacetan.

Hambatan ini merupakan hambatan yang sulit diatasi karena datang tak menentu dan tanpa disadari. Sehingga menimbulkan hambatan dalam proses pengiriman barang ke tujuan.

Demikian hambatan-hambatan yang sering muncul dalam proses pengiriman barang yang dialami oleh perusahaan pengiriman barang di Jakarta. Namun ada beberapa hambatan yang bisa diatasi jika memilih agen jasa pengiriman yang tepat.

Pastikan gunakan agen pengiriman barang yang memberikan layanan pengiriman cepat, aman dan sudah terpercaya. Dengan demikian maka hambatan yang mungkin saja terjadi dapat diminimalisir dan barang bisa sampai tujuan lebih cepat dan aman.