Cara Membuat Bonsai Dari Tali Rafia

Spread the love

Tali rafia merupakan tali yang dibuat dengan bahan dasar plastik yang tidak mudah putus dan tidak berserabut. Kemajuan teknologi juga memudahkan dalam mencari tempat atau toko yang jual tali rafia dan hampir setiap toko kelontong menjual tali ini. Namun jika ingin membeli dalam jumlah besar lebih baik membeli langsung dari pabrik agar harga lebih terjangkau.

Pada umumnya tali yang memiliki fungsi utama sebagai pengikat barang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan. Saat ini sudah banyak kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan tali seperti contoh tanaman hias bonsai yang akan dibahas dalam artikel ini.

Kelebihan Tanaman Hias Bonsai Dari Tali Rafia

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa kerajinan tangan memiliki nilai seni tersendiri yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Seperti tanaman hias bonsai yang dibuat dari tali rafia yang akhir-akhir ini banyak diminati dan diburu oleh masyarakat. Tanaman hias yang dibuat dengan menggunakan tali ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan tanaman asli yang diantaranya:

1. Lebih awet

Tanaman hias akan lebih awet karena dibuat dari bahan dasar plastik. Plastik merupakan salah satu bahan sintetis yang memiliki daya tahan lama bahkan tidak bisa terurai oleh tanah. Sehingga hasil karya akan lebih bertahan lama.

2. Tidak memerlukan perawatan khusus

Tanaman hias dari plastik tidak memerlukan perawatan khusus seperti layaknya tanaman sungguhan yang memerlukan perawatan khusus seperti menyiram dengan rutin agar tidak mati. Dengan memilih tanaman hias sintetis tentu tidak akan merepotkan kamu dalam hal perawatan.

3. Ikut menjaga lingkungan

Limbah plastik merupakan salah satu jenis limbah yang sulit diatasi karena tidak bisa terurai oleh tanah. Jadi secara tidak langsung memanfaatkan tali untuk kerajinan tangan yang memiliki nilai bisa dikatakan ikut menjaga lingkungan sehingga limbah plastik dimanfaatkan dengan baik.

Cara Membuat Tanaman Hias dari Tali Rafia

Membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan dasar tali rafia bisa dijadikan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Tanaman hias akan lebih awet dan tidak memerlukan perawatan khusus seperti tanaman hias asli. Saat ini juga banyak masyarakat yang tertarik dengan jenis tanaman ini karena kelebihan yang dimiliki.

Selain bahan utama yang bisa didapatkan di tempat jual tali rafia, ada juga bahan dan peralatan yang perlu dipersiapkan yaitu kawat, plastik kresek, korek api dan kertas. Bahan-bahan tersebut perlu dipersiapkan karena akan digunakan dalam proses pembuatan tanaman hias bonsai. Berikut tutorial membuat tanaman hias buatan:

  1. Potong seluruh tali rafia dengan ukuran 10 cm dan usahakan menggunakan tali yang berwarna hijau karena akan digunakan sebagai daun. Kemudian tali tersebut diiris kecil-kecil agar terlihat seperti serabut.
  2. Setelah itu, siapkan kawat yang akan digunakan sebagai tangkai pohon dan potong kawat dengan ukuran minimal 20 cm. Usahakan ukuran berbeda-beda yang nantinya akan digabung sebagai batang tanaman. Lipat kawat dan ikat tali menggunakan kawat agar terlihat seperti daun yang bertangkai.
  3. Buat ikatan kawat dengan tali sebanyak-banyaknya agar nanti bisa dibentuk menjadi tanaman. Setelah selesai, kemudian bakar pucuk-pucuk tali agar terlihat lebih menarik. Kemudian tangkai dibungkus dengan menggunakan kain kresek yang dipotong-potong dengan lebar 5 cm seperti sebuah tali rafia.
  4. Setelah seluruh tangkai dibungkus menggunakan plastik, kemudian satukan seluruh tangkai dan bungkus menggunakan kertas agar tangkai lebih besar layaknya seperti batang. Setelah itu, bungkus kembali dengan plastik kresek. Usahakan bungkusan rapi agar tanaman yang dibuat lebih indah.
  5. Gunakan korek untuk mengunci atau sebagai lem agar plastik pembungkus bisa melekat dengan kuat. Kreasi kamu dibutuhkan di bagian ini agar tanaman yang dibuat seperti tanaman bonsai sesungguhnya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mempelajari caranya lewat video tutorial yang banyak tersedia di Youtube.

Jika hasil tanaman terlihat bagus dan memiliki nilai jual, kamu bisa menjual karya tangan kamu agar menghasilkan uang. Kamu bisa memasarkan produk lewat e-commerce seperti Shopee, Tokopedia atau yang lainnya. Agar lebih optimal, kamu bisa mengiklankan produk jualan kamu di e-commerce agar dilihat banyak orang dan memperbesar peluang laku.

Jika dirasa banyak yang membeli, tentu kamu akan membutuhkan tempat yang jual tali rafia dengan harga terjangkau agar keuntungan yang kamu dapatkan lebih besar. Carilah penjual tali yang langsung dari pabriknya dan memiliki kualitas bagus karena akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tanaman hias.