Cara Memilih Bahan Saat Ingin Bangun Rumah

Spread the love

Memilih untuk membangun rumah sendiri terkadang menjadi satu alternatif terbaik ketika ingin mendapatkan kepuasan pada hasil bangunan rumah yang sesuai dengan harapan. Selain mempersiapkan budget secara khusus, Anda juga harus menyiapkan denah dan desain rumah serta memilih bahan bangunan yang terbaik kualitasnya. Anda bisa mendapatkan bahan bangunan terbaik di distributor pipa besi Jakarta sesuai dengan jenis bahan yang dibutuhkan.

Perhatikan Hal Penting Berikut Ketika Memilih Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah

Ketika Anda membangun rumah, sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan urusan desain dan anggaran dana yang harus disiapkan. Dibutuhkan perencanaan yang matang, terutama untuk memilih bahan bangunan dengan kualitas yang terbaik untuk rumah sesuai impian.

Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk memilih bahan bangunan dalam proses membangun rumah.

1. Kualitas daya tahan bahan bangunan

Hal penting yang pertama adalah untuk memperhatikan kualitas daya tahan bahan bangunan yang dipilih untuk menjadi bagian dari rumah impian. Semua orang tentunya ingin memiliki rumah yang terbuat dari bahan bangunan yang awet, tahan lama serta tak mudah rusak. Anda perlu menyesuaikan pemilihan bahan bangunan dengan kondisi alam, kondisi iklim dan lingkungan tempat bangunan rumah akan dibangun.

2. Anggaran biaya

Memilih bahan bangunan untuk sebuah rumah juga harus memperhatikan anggaran biaya yang tersedia. Anda bisa meminta saran pada ahlinya seperti pada distributor pipa besi Jakarta, untuk memilih mana bahan bangunan yang harus dipilih yang terbaik kualitasnya dan mana bahan bangunan yang bisa digunakan dengan awet meski kualitasnya standar.

3. Tahap pemasangan dan konstruksi

Sebaiknya memilih bahan bangunan yang bisa dengan mudah dipasang dan tak membutuhkan tenaga ahli di dalamnya. Beberapa bahan bangunan memerlukan instalasi secara khusus yang harus dilakukan oleh tenaga ahli secara khusus sehingga sering kali membutuhkan biaya tambahan di dalam pemasangan-nya. Sehingga sangat disarankan untuk memilih bahan bangunan yang mudah dipasang namun tetap awet tahan lama dalam konstruksi bangunannya.

4. Ketersediaan produk bahan bangunan

Proses pembangunan bisa terhambat karena penyediaan produk bahan bangunan yang tak tersedia dari supplier yang dipilih. Untuk itu dianjurkan untuk memilih toko bahan bangunan yang lengkap dan bisa menyediakan semua kebutuhan bahan bangunan yang diperlukan dengan cepat sekaligus harga bersaing.

5. Konsep estetika

Perhatikan juga konsep estetika yang ada di dalam rumah yang sedang dibangun. Karena membangun rumah bukan sekedar membangun bangunan rumah tanpa pertimbangan apa pun. Anda memilih bahan bangunan yang digunakan dari mulai kayu untuk kusen, daun jendela, daun pintu hingga bahan bangunan lainnya harus memperhatikan sisi estetika yang dimiliki.

6. Komposisi bahan bangunan

Anda juga harus memperhatikan detail dari bahan bangunan yang dipilih untuk menjadi bagian dari pembangunan rumah. Sehingga bisa aman dan nyaman untuk digunakan sebagai bahan bangunan untuk hunian tempat tinggal seperti yang ada di bisnis distributor pipa besi. Seperti misalnya terbuat dari bahan anti rayap, anti karat dan anti lumut

Ketahui Cara Menghitung Anggaran Biaya Membangun Rumah yang Tepat

Agar proses pembangunan rumah bisa selesai dan memiliki hasil yang sesuai dengan harapan, Anda bisa menggunakan cara yang tepat untuk menghitung kebutuhan bahan bangunan rumah yang diperlukan seperti berikut ini.

Hitung biaya desain rumah

Untuk mendesain sebuah rumah sebaiknya serahkan pada jasa arsitek. Hal itu akan membuat Anda bisa mendapatkan desain rumah yang terbaik, sesuai kebutuhan sekaligus bisa disesuaikan dengan anggaran biaya yang tersedia.

Hitung luas bangunan rumah

Tentukan berapa luas lahan yang ingin dibangun rumah dan tentukan juga tipe rumah yang diinginkan. Selain bisa membantu memperkirakan berapa anggaran biaya yang dibutuhkan juga mengetahui apa saja bahan bangunan yang diperlukan.

Hitung biaya bahan bangunan secara detail

Setidaknya ada kurang lebih 20 lebih jenis bahan bangunan yang harus Anda sediakan dalam proses pembangunan rumah. Diantaranya adalah semen, batu bata merah, pasir, batu kali, kerikil, gamping, baja, batako, genteng, kayu kusen, kayu jendela dan pintu, keramik, cat dinding, pipa air, kran air, kabel listrik, lampu, paku, dudukan WC dan bambu.

Hitung biaya ongkos pekerja

Kemudian biaya yang terakhir yang penting untuk diperhatikan adalah biaya untuk ongkos pekerja yang bisa dihitung secara borongan atau harian. Anda bisa menyesuaikan-nya dengan tarif umum yang ada di lingkungan tersebut atau bisa juga dengan bertanya pada distributor pipa besi Jakarta untuk saran yang terbaik.